Rabu, 17 April 2013

Jenis Perasaan

Kembali lagi bersumber dari "riswantobk.wordpress.com",jenis perasaan antara lain :
1 . Presens feeling,perasaan yang timbul dalam keadaan yang sekarang nyata dihadapi,yaitu berhubungan dengan situasi aktual.
2 . Vision feeling,perasaan yang menjangkau maju dan menimbulkan pengharapan di masa yang akan datang.
3 . Historical feeling,perasaan yang berkaitan dengan waktu yang telah lampau yaitu perasaan yang timbul dengan melihat atau mengenang kejadian-kejadian di masa lampau.
 Max Scheler pun membagi jenis perasaan menjadi 4 :
1 . Sensoris,yaitu perasaan yang berhubungan dengan kejasmanian.Misalkan jika merasakan panas,maka tangan kita akan menjauhi sumber panas.
2 . Vital ,yaitu perasaan yang terkait dengan kejasmanian secara menyeluruh.Misal jika sakit panas,maka kita akan sulit untuk berjalan karena kepala kita pusing dan kita tidak nafsu makan karena saraf perasa tidak berjalan secara optimal.
3 . Psikis,berhubungan dengan kejiwaan,misal senang,sedih,susah,takut,dan lain sebagainya.
4 . Kepribadian,berhubungan dengan pribadi.Seperti harga diri,putus asa.
  Memang benar dari kedua sumber diatas bahwa jenis perasaan didapatkan dari kapan rangsangan perasaan itu muncul dan darimana perasaan itu datang.Dan tak salah juga jenis perasaan itu dinilai dari bentuk rangsangannya kepada individu.
  Poin-poin diatas banyak terdapat pada kasus-kasus yang ada dalam masyarakat.Maka dari itu jenis perasaan ini penting dalam memecahkan suatu permasalahan dalam hal perasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar