Rabu, 17 April 2013

Sifat Perasaan

Menurut "riswantobk.wordpress.com",sifat perasaan dibagi menjadi 3 yaitu :
 1.Persepsi :yaitu pandangan seseorang terhadap sesuatu hal yang diterima melalui panca inderanya (penyerapan dari eksternal).
 2.Subjektif :yaitu sifat yang menuntun individu untuk selalu memuaskan dirinya(keinginan).Hal ini berbeda dengan kebutuhan yang belum tentu apabila dipenuhi dapat memuaskan individu tersebut.
 3.Fun or Sad(Objektif) : yaitu perasaan yang didapat berupa senang atau sedih walaupun tingkatannya berbeda-beda.
 Berikut akan ditunjukkan 3 dimensi perasaan menurut wandf :
 1. v  Exited feeling : perasaan yang dialami individu disertai adanya perilaku atau perbuatan yang menampak.
 2. v  Innert feeling  : perasaan yang dialami individu tanpa disertai adanya perilaku atau perbuatan.
3.  v  Expectancy feeling dan Release feeling : suatu perasaan yang dialami oleh individu sebagai sesuatu yang belum nyata (expected feeling), disamping itu perasaan yang dialami oleh individu karena sesuatu itu telah nyata, ini dimaksud dengan Release feeling.
  Dari 3 dimensi diatas bukan berarti kita dapat mengubah dimensi suatu perasaan ke dimensi lain.Contohnya jika kita sakit perut yang sangat hebat,kita pasti dihadapkan pada v exited feeling dan kita tidak bisa mengubah dimensi itu ke v innert feeling.
  Mengenai expected feeling,mungkin yang dimaksud wandf adalah firasat atau prasangka.Namun dalam pembahasan kali ini tidak akan dibahas soal kemampuan firasat atau berbau indigo.Dan Release feeling itu termasuk perasaan yang mendominan karena sesuatu yang harus dirasakan benar-benar terjadi.Jika nilai raport anda bagus,maka anda jelas-jelas senang.Tidak ada keraguan pada diri anda.Itulah release feeling.
  Exited feeling dan Innert feeling termasuk juga kedalam kategori expected feeling atau release feeling.Yang membedakan hanya kadar perasaan yang dirasakan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar